Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

PPT Bab Wawasan Nusantara (PPKn Kelas 10 Semester 2)

Bab Wawasan Nusantara
PPKn Kelas 10 Semester 2
Pembahasan
- ASPEK TRIGATRA DAN PANCAGATRA
DALAM WAWASAN NUSANTARA
- PERAN SERTA WARGA NEGARA MENDUKUNG
IMPLEMENTASI WAWASAN KEBANGSAAN



Tugas PPKn Kelas 10 semester 2 Bab Wawasan Nusantara
by : X IIS 1
SMA Negeri 1 Pasuruan
@Tahun 2017

  • Soyez le premier à commenter

PPT Bab Wawasan Nusantara (PPKn Kelas 10 Semester 2)

  1. 1. WAWASAN NUSANTARA Kelas : X IIS 1 Anggota Kelompok: • Aura Tsabita C • Hamidah Wakid • Jasinda Salsabila N • Desi Wahyuning Sari • Dwi Hariyanti • Reni Putri Anggraeni UPT SMA NEGERI 1 KOTA PASURUAN
  2. 2. ASPEK TRIGATRA DAN PANCAGATRA DALAM WAWASAN NUSANTARA
  3. 3. suatu konsep di dalam cara pandang dan pengaturan yang mencakup segenap kehidupan bangsa yang dinamakan ASTAGATRA. Konsepsi wawasan nusantara meliputi aspek alamiah yang disebut TRIGATRA dan aspek sosial yang disebut PANCAGATRA yang bersifat timbal balik. ASTAGATRA
  4. 4. ASPEK-ASPEK TRIGATRA A. Letak dan bentuk geografis. Indonesia merupakan negara kepulauan berada pada tengah- tengah jalan lalu lintas silang.Indonesia berada pada tengah- tengah bentang garis ekuator. B . Keadaan dan kemampuan penduduk. Penduduk adalah sekelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah. 1. Faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk. Jumlah penduduk berubah karena kematian , kelahiran, pendatang baru dan orang yang meninggalkan wilayahnya sendiri. 2. Faktor yang mempengaruhi komposisi pendududuk Dipengaruhi oleh moralitas, fertilitas, dan migrasi.
  5. 5. 3. Faktor yang mempengaruhi distribusi penduduk. Ditribusi penduduk yang ideal adalah distribusi yang dapat memenuhi persyaratan kesejahteraan dan keamanan yaitu penyebaran yang merata. • C. Keadaan dan kekayaan alam. Indonesia memiliki sumber-sumber alam mineral ,sumber-sumber flora, sumber- sumber hewani. Hanya saja kekayaan alam itu penyebarannya tidak merata sehingga menimbulkan ketergantungan dari negara lain. Bentuk sumber daya ada 2 yakni SDA yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam harus diolah dan dimanfaatkan dengan berasaskan: 1. Asas maksimal. 2. Asas lestari. 3. Asas berdaya saing.
  6. 6. Aspek-aspek Pancagatra IDEOLOGI Diaktualisasikan dalam bidang kenegaraan Pemersatu bangsa harus ditanamkan pada seluruh WNI. Dijadikan panglima Keterbukaan dan kedinamisan. Ideologi pancasila yang mengakui keanekaragaman dan dijadikan untuk menyejahterahkan dan mempersatukan bangsa. Eksekutif, legislatif dan yudikatif harus mewujudkan cita- cita bangsa Menyosialisasikan pancasila sebagai ideologi humanis, religius, demokratis, nasionalis dan berkeadilan
  7. 7. POLITIK • Mencari keseimbangan dan keserasian antara pemerintah dan masyarakat berdasarkan pancasila yang merupakan pencerminan dari demokrasi pencasila. EKONOMI • Ekonomi kerakyatan menghindari free flight liberalism, etatisme dan tidak dibenarkan adanya monopoli. • Pembangunan ekonomi berasaskan kekeluargaan • Untuk meningkatkan kemandirian ekonomi • Ditingkatkan melalui pembangunan nasional yang berhasil.
  8. 8. SOSIAL BUDAYA • Sosial budaya dapat diartikan sebagai kodisibdinamika budaya bangsa • Ketahanan budaya merupakan pengembangan sosial budaya dari diri pribadi suatu bangsa berdasarkan nilai-nilai pancasila. PERTAHANAN DAN KEAMANAN Prinsip-prinsip ketahanan nasional antara lain adalah sebagai berikut: 1) Bangsa indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan 2) Pertahanan keamanan berlandaskan pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara. 3) Pertahanan keamanan negara merupakan upaya terpadu yang melibatkan segenap potensi dan kekuatan nasional 4) Pertahanan dan keamanan dislenggarakan dengan sisitem SISHANKAMNAS dan SISHANKAMRATA
  9. 9. Hubungan timbal balik yang erat antara trigatra dan pancagatra serta antar gatra disebut korelasi dan interpendensi. (yang artinya). Hubungan Antargatra 1. Trigatra sebagai modal dasar 2. Ketahanan nasional adalah suatu pengertian holistik yang artinya suatu tatanan yang utuh, menyeluruh dan terpadu, dimana terdapat hubungan antargatra didalam keseluruhan hidup nasional(astagatra). 3. Kekuatan dan kelemahan di salahsatu gatra dapat mempengaruhi gatra yang lain 4. Ketahanan nasional, suatu resultante keterkaitan yang integratif dari kondisi dinamik kehidupan bangsa di bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM.
  10. 10. Hubungan Antargatra 1. Gatra geografis 2. Antara gatra geografis dengan gatra kependudukan,bentuk kehidupan dan penghidupan serta persebaran penduduk sangat erat kaintannya dengan karakter geografi, begitu juga sebaliknya 3. Antara gatra kependudukan dan gatra kekayaan alam, kekayaan alam mempunyai manfaat nyata apabila diolah oleh penduduk yang memiliki kemampuan IPTEK. 4. Hubungan antargatra dalam pancagatra: a) Antara gatra ideologi dengan gatra politik, ekonomi, sosbud, pertahanan dan keamanan. Ideologi adalah falsafah bangsa dan landasan ideologi negara sebagai nilai penentu bagi kehidupan nasional untuk memelihara kelangsungan hidup bangsa dan pencapaian tujuan nasional.
  11. 11. b) Antara gatra politik dengan gatra ideologi, ekonomi, sosbud, pertahanan dan keamanan. Kehidupan politik yang mantap dan dinamis menjalankan kebenaran ideologi, memberikan pengaruh yang baik untuk pengembangan ekonomi, sosbud, pertahanan dan keamanan. c) Antara gatra ekonomi dengan gatra ideologi, sosbud, politik, pertahanan dan keamanan. Kehidupan ekonomi yang mantap dan merata meyakinkan kebenaran ideologi, memberikan pengaruh yang baik untuk pengembangan politik, sosbud, pertahanan dan keamanan. d) Antara gatra sosial budaya dengan gatra ideologi, ekonomi, pertahanan dan keamanan. Kehidupan sosial budaya yang serasi, stabil, dinamis, berbudaya dan berkepribadian serta meyakinkan kebenaran ideologi, memberikan pengaruh yang baik untuk pengembangan politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan. e) Antara gatra pertahanan dan keamanan dengan gatra ideologi, ekonomi, sosbud, politik. Kehidupan pertahanan dan keamanan yang stabil dan dinamis serta meyakinkan kebenaran ideologi, memberikan pengaruh yang baik untuk pengembangan politik, ekonomi, sosial budaya.
  12. 12. Peranan dan sifat setiap gatra dalam aspek kesejahteraan dan keamanan. 1. Gatra alamiah mempunyai peranan sama besar baik untuk kesejahteraan maupun keamanan. 2. Gatra ideologi, politik, sosbud mempunyai peranan sama besar untuk kesejahteraan dan keamanan 3. Gatra ekonomi relatif mempunyai peranan lebih besar untuk kesejahteraan daripada untuk keamanan. 4. Gatra pertahanan dan keamanan mempunyai peranan lebih besar untuk keamanan daripada untuk kesejahteraan.
  13. 13. PERAN SERTA WARGA NEGARA MENDUKUNG IMPLEMENTASI WAWASAN KEBANGSAAN
  14. 14. Wawasan nusantara harus menjadi dasar cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menghadapi, menyikapi atau menangani segala masalah menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara. Implementasi wawasan nusantara pada setiap aspek kehidupan: 1. Implementasi dalam kehidupan politik yakni penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif dan terpercaya yang dibangun sebagai kedaulatan rakyat. 2. Implementasi dalam kehidupan ekonomi yakni pengelolaan SDA untuk kemakmuran rakyat dan dilandasi dengan rasa tanggung jawab serta memperhatikan kelestarian alam. 3. Implementasi dalam kehidupan sosial budaya yakni mengakui, menerima menghormati SARA untuk menciptakan kerukunan berbangsa. 4. Implementasi dalam kehidupan pertahanan dan keamanan yakni menumbuhkan rasa cinta tanah air yang membuat munculnya rasa bela negara. 5. Implementasi dalam pranata sosial yang berlaku dalam masyarakat dalam nuansa kebhinekaan sehingga menciptakan kehidupan yang toleran, akrab, peduli, hormat dan taat hukum.
  15. 15. • Mendukung persatuan bangsa. • Mendukung kerakyatan dengan lebih mengedepankan kepentingan bersama. • Berkemanusiaanyang adil dan beradab. • Mendukung upaya untuk mewujudkan suatu keadilan dalam masyarakat. • Menumbuhkan rasa bela negara yang dilandasi cinta tanah air. • Berbudi pekerti luhur, disiplin dalam masyarakat, bangsa dan negara. • Memanfaatkan IPTEK untuk kepentingan kemanusiaan dan bangsa • Mewujudkan kepentingan nasional. • Mengembangkan IPTEK dengan dilandasi IMTAQ. • Menciptakan kerukunan umat beragama • Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan. • Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. • menghilangkan budaya negatif yang dapat memicu perselisihan. • Memelihara nilai-nilai positif(hidup rukun, gotong royong dll).
  16. 16. Terima kasih

×