Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PERKATAAN KEDUA YESUS
DI ATAS SALIB
“Aku berkata
kepadamu,
sesungguhnya hari
ini juga engkau
akan ada bersama-
sama dengan...
Lukas 23
32Dan ada juga digiring dua orang lain, yaitu dua
penjahat untuk dihukum mati bersama-sama
dengan Dia. 33Ketika m...
Apakah hal ini dicatat sekadar untuk
menambah gambaran kelamnya situasi
pada saat itu?
TIDAK, melainkan untuk menunjukkan
...
Nubuat yang digenapi Mesias
dalam perikop ini
• Akan terhitung di antara pemberontak
(Yes 53:12)
• Akan ditusuk tangan dan...
35Orang banyak berdiri di situ dan melihat
semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia,
katanya: “Orang lain Ia selamatkan, b...
Ejekan, Olokan, Hujatan
Pemimpin-pemimpin
mengejek Dia (ay 35)
Prajurit-prajurit
mengolok-olok Dia (ay 36)
Seorang dari pe...
Lukas 23
40Tetapi yang seorang menegor dia, katanya:
“Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada
Allah, sedang engkau meneri...
43Kata Yesus
kepadanya:
“Aku berkata
kepadamu,
sesungguhnya hari
ini juga engkau akan
ada bersama-sama
dengan Aku di dalam...
Tersirat dalam pernyataan penjahat tsb:
• Ia menyadari dan mengakui
keberdosaannya (ayat 41)
• Ia mempercayai bahwa Yesus ...
Perkataan kedua dari salib ini menyatakan
kebenaran yang luar biasa indah:
• Seseorang diselamatkan karena percaya kepada
...
The gospel is this:
We are more sinful and flawed in
ourselves than we ever dared believe,
yet at the very same time
we ar...
Perkataan Kedua Yesus di Atas Salib
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×
Upcoming SlideShare
Perjumpaan yang mengubahkan
Next
Download to read offline and view in fullscreen.

3

Share

Download to read offline

Perkataan Kedua Yesus di Atas Salib

Download to read offline

Perkataan Kedua Yesus di Atas Salib:
“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Related Audiobooks

Free with a 30 day trial from Scribd

See all

Perkataan Kedua Yesus di Atas Salib

  1. 1. PERKATAAN KEDUA YESUS DI ATAS SALIB “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama- sama dengan Aku di dalam Firdaus.”
  2. 2. Lukas 23 32Dan ada juga digiring dua orang lain, yaitu dua penjahat untuk dihukum mati bersama-sama dengan Dia. 33Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya. 34Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.
  3. 3. Apakah hal ini dicatat sekadar untuk menambah gambaran kelamnya situasi pada saat itu? TIDAK, melainkan untuk menunjukkan bahwa apa yang terjadi merupakan bagian dari rencana keselamatan dari Tuhan, yang sudah dinyatakan berabad- abad sebelumnya.
  4. 4. Nubuat yang digenapi Mesias dalam perikop ini • Akan terhitung di antara pemberontak (Yes 53:12) • Akan ditusuk tangan dan kakinya (Maz 22:17) • Akan diberi minum anggur asam (Maz 69:22) • Akan dihina, diolok-olok, dicibir (Maz 22:7-8) • Pakaiannya akan dibagi-bagi dan diundi (Maz 22:18)
  5. 5. 35Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: “Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah.” 36Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya 37dan berkata: “Jika Engkau adalah raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!” 38Ada juga tulisan di atas kepala-Nya: “Inilah raja orang Yahudi”. 39Seorang dari penjahat yang digantung itu menghujat Dia, katanya: “Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!” Lukas 23
  6. 6. Ejekan, Olokan, Hujatan Pemimpin-pemimpin mengejek Dia (ay 35) Prajurit-prajurit mengolok-olok Dia (ay 36) Seorang dari penjahat yang digantung menghujat Dia (ay 39)
  7. 7. Lukas 23 40Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: “Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama? 41Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah.” 42Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”
  8. 8. 43Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”
  9. 9. Tersirat dalam pernyataan penjahat tsb: • Ia menyadari dan mengakui keberdosaannya (ayat 41) • Ia mempercayai bahwa Yesus dapat dan akan menyelamatkannya (ayat 42) Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. ROMA 10:13
  10. 10. Perkataan kedua dari salib ini menyatakan kebenaran yang luar biasa indah: • Seseorang diselamatkan karena percaya kepada Yesus untuk menyelamatkannya. • Keselamatan diberikan bukan karena melakukan kewajiban agamawi atau perbuatan baik. • Pendosa besar (penjahat yang harus dihukum salib) pun dapat diselamatkan. Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, EFESUS 2:8
  11. 11. The gospel is this: We are more sinful and flawed in ourselves than we ever dared believe, yet at the very same time we are more loved and accepted in Jesus Christ than we ever dared hope. TIMOTHY KELLER
  • hermansar715

    May. 8, 2018
  • andrejtmandey

    Jul. 2, 2017
  • debbieporle

    May. 5, 2017

Perkataan Kedua Yesus di Atas Salib: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Views

Total views

1,259

On Slideshare

0

From embeds

0

Number of embeds

1

Actions

Downloads

107

Shares

0

Comments

0

Likes

3

×