Ce diaporama a bien été signalé.
Nous utilisons votre profil LinkedIn et vos données d’activité pour vous proposer des publicités personnalisées et pertinentes. Vous pouvez changer vos préférences de publicités à tout moment.

Tanda Pertama: Air menjadi Anggur

YOHANES 2:1-11
2:1 Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ;
2:2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.
2:3 Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur."
2:4 Kata Yesus kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba."
2:5 Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!"
2:6 Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung.
2:7 Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: "Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air." Dan mereka pun mengisinya sampai penuh.
2:8 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta." Lalu mereka pun membawanya.
2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu -- dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya -- ia memanggil mempelai laki-laki,
2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."
2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

  • Soyez le premier à commenter

Tanda Pertama: Air menjadi Anggur

  1. 1. Tanda Pertama: Air menjadi Anggur YOH 2:1-11
  2. 2. Yohanes 2:1-11 1 Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; 2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu. 3 Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: “Mereka kehabisan anggur.” 4 Kata Yesus kepadanya: “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” 5 Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!” 6 Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung. 7 Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: “Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air.” Dan mereka pun mengisinya sampai penuh.
  3. 3. Yohanes 2:1-11 8 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta.” Lalu mereka pun membawanya. 9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu – dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya – ia memanggil mempelai laki-laki, 10 dan berkata kepadanya: “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.” 11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda- tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemu- liaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
  4. 4. Tujuan Injil Yohanes YOHANES 20:30-31 Memang masih banyak TANDA lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid- Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, SUPAYA kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
  5. 5. Tanda
  6. 6. Tanda Pertama YOHANES 2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
  7. 7. Melihat Kemuliaan Kristus YOHANES 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
  8. 8. • Kemuliaan Yesus sebagai Anak Allah • Kemuliaan Yesus sebagai Penebus • Kemuliaan Yesus sebagai Penyedia Melihat Kemuliaan Kristus
  9. 9. 1 Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; 2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.
  10. 10. Acara komunitas Berhari-hari, 7 hari Makanan & minuman
  11. 11. 3 Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: “MEREKA KEHABISAN ANGGUR.” 4 Kata Yesus kepadanya: “Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba.” Kekurangan anggur: • Pengunjung lebih banyak • Pengunjung minum lebih banyak Kehabisan anggur mempermalukan keluarga: • Kurang rencana? • Kurang dana?
  12. 12. ESV: And Jesus said to her, “WOMAN, what does this have to do with me? My hour has not yet come.” NIV: “How does that concern us, DEAR LADY?” Jesus asked her. “My time hasn't come yet.” Panggilan respek tetapi formal dan berjarak
  13. 13. WHAT DOES THIS HAVE TO DO WITH ME? Frase ini digunakan 5x lagi di PB, dan setiap kali diucapkan oleh iblis kepada Yesus, ketika Yesus masuk ke “wilayah kendalinya” dengan menggunakan kuasa-Nya. “Tidak seharusnya Engkau mendesakku melakukan suatu keajaiban di sini. Ini bukan bagianmu.”
  14. 14. Tetapi kemudian Yesus melakukannya juga. Mengapa Yesus menyatakan penolakan lebih dulu? “Tidak seharusnya Engkau mendesakku melakukan suatu keajaiban di sini. Ini bukan bagianmu.”
  15. 15. Yohanes 1 PENGANTAR I: 1:1-18 (Puisi) • Firman yang bersama-sama dengan Allah dan Firman yang adalah Allah. Anak tunggal Bapa. Pencipta dan pemilik segala sesuatu. • Firman yang menjadi manusia dan diam di antara manusia. Hidup dan terang yang sesungguhnya. Pengantar II: 1:19-51 (Narasi) • Anak manusia, Yesus dari Nazaret, Rabi. • Mesias, Raja orang Israel. • Anak Allah, Anak domba Allah.
  16. 16. • Kemuliaan Yesus sebagai Anak Allah Melihat Kemuliaan Kristus
  17. 17. ESV: And Jesus said to her, “Woman, what does this have to do with me? MY HOUR HAS NOT YET COME.” Setiap kali Yesus mengatakan “Saat-ku” (Yoh 7,8,12) selalu merujuk kepada saat kematian-Nya.
  18. 18. 5 Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!”
  19. 19. 6 Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung. 7 Yesus berkata kepada pelayan- pelayan itu: “Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air.” Dan mereka pun mengisinya sampai penuh.
  20. 20. MENGAPA memakai tempayan pembasuhan (untuk tangan, gelas, perkakas, bukan minuman) menurut ritual Yahudi? MENGAPA tidak memakai tempayan anggur yang sudah kosong?
  21. 21. 6 Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung. 7 Yesus berkata kepada pelayan- pelayan itu: “Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air.” Dan mereka pun mengisinya sampai penuh. “Waktuku belum tiba sekarang, tetapi aku akan memberi tanda tentang kematianku”.
  22. 22. MATIUS 26:27-28 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: “Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.” Anggur Perjanjian Baru
  23. 23. Injil Injil adalah: Kita lebih berdosa dari yang berani kita percayai, namun pada saat yang sama kita lebih diterima di dalam Kristus lebih dari yang berani kita harapkan. TIMOTHY KELLER
  24. 24. Kintsugi
  25. 25. • Kemuliaan Yesus sebagai Anak Allah • Kemuliaan Yesus sebagai Penebus Melihat Kemuliaan Kristus
  26. 26. 8 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta.” Lalu mereka pun membawanya.
  27. 27. Pengaharapan Mesianik YESAYA 25:6-8 TUHAN semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya.
  28. 28. Pengaharapan Mesianik YESAYA 25:6-8 Dan di atas gunung ini TUHAN akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa. Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya.
  29. 29. Wahyu kepada Yohanes WAHYU 21:1-7 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka. Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.”
  30. 30. Wahyu kepada Yohanes WAHYU 21:1-7 Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.” Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan. Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.
  31. 31. The Return of the King Is everything sad going to come untrue?
  32. 32. 9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu – dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan- pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya – ia memanggil mempelai laki-laki, 10 dan berkata kepadanya: “Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang.”
  33. 33. Sukacita Aktual MAZMUR 34:9 Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya!
  34. 34. • Kemuliaan Yesus sebagai Anak Allah • Kemuliaan Yesus sebagai Penebus • Kemuliaan Yesus sebagai Penyedia Melihat Kemuliaan Kristus
  35. 35. 11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

    Soyez le premier à commenter

    Identifiez-vous pour voir les commentaires

  • SILUMANayam

    Jun. 26, 2017
  • andrejtmandey

    Jul. 2, 2017

YOHANES 2:1-11 2:1 Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; 2:2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu. 2:3 Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur." 2:4 Kata Yesus kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba." 2:5 Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!" 2:6 Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung. 2:7 Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: "Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air." Dan mereka pun mengisinya sampai penuh. 2:8 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta." Lalu mereka pun membawanya. 2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu -- dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya -- ia memanggil mempelai laki-laki, 2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang." 2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

Vues

Nombre de vues

1 703

Sur Slideshare

0

À partir des intégrations

0

Nombre d'intégrations

1

Actions

Téléchargements

78

Partages

0

Commentaires

0

Mentions J'aime

2

×